HYPEBEAST

0

Sejarah singkat HYPEBEAST dan Definisi tentang Hypebeast. Apa itu HYPEBEAST?

fe939aa2861aeac6cf9d3dabfa34b2ffHYPEBEAST  adalah perpaduan antara berbagai Style yang sedang booming di antara kaum pencinta Fashion, terutama bagi para remaja yang menyukai berbagai macam gaya dan ingin mencoba style baru pada era milenial ini. Seperti kita ketahui perkembangan Style/fashion di dunia ini sangat cepat berkembang dan menciptakan produk-produk baru yang menarik dan sedikit aneh. Mungkin dari kalian sering mendengan kata kata Anak Hypebeast, dan brand brand mahal yang dapat membuat diri kita disebut dengan Anak Hypebeast. Kata Hypebeast akhir akhir ini banyak diperbincangkan di media sosial bahkan melalui mulut ke mulut seperti di Sekolah, Perkuliahan dan juga Dunia Fashion khususnya di Street dan Urban Fashion indonesia terbaru 2017.
Sebenernya apa itu Hypebeast ? pada artikel kali ini monclearsalebuy akan menjelaskan Pengertian dan Definisi dari Hypebeast

Sejarah dan Pengertian HYPEBEAST

Hypebeast adalah (Hyper = Menggilai, Mengikuti dan Menggunakan) Trend berpakaian yang sedang booming (hype) untuk tetap terlihat stylish gan Kekinian.

Kevin Ma berinisiatif membuat sebuah forum awalnya, tapi lama kelamaan dia berpikir untuk menjadikan forumnya tersebut menjadi sebuah blog yang dapat diakses oleh banyak orang dengan perbincangan sneakers. Mulai dari topik yang memang terfokus dari sneakers ini lama kelamaan orang diluar forum juga mulai membicarakan blog milik Kevin yang dibilang sangat cool. Dari tahun 2012 blog milik dia ini semakin berkembang dan tidak hanya dengan satu topic sneaker, tapi juga merambah ke music, art, street, fashion, design dan beberapa orang dengan beberapa background. Total pembaca yang membaca blognya setiap bulan adalah 46 juta readers dengan pembaca terbanyak ada di Amerika, Eropa dan Jepang, dan sekarang pembacanya pun sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Semakin berkembang dan terus berkembang blog dari Kevin, banyak style yang bermunculan dengan menitikberatkan pada nama hypebeast. Nama ini menciri khaskan seseorang yang berpenampilan santai hip hop dan menggunakan sneakers.

Gaya seperti ini sekarang amat sangat berkembang dengan tambahan baru pada point-point items fashion. Misalnya untuk atasan gaya hypebeast, perpaduan inner t-shirt oversize kini di mix dengan baseball jacket atau thick longsleeve. Penggunaan kacamata ala oldschool dan topi sangat diperbolehkan untuk perpaduan gaya hypebeast. Kamu juga bisa menggunakan gaya hypebeast untuk musim panas ini, tidak perlu banyak aksesoris cukup simple kan? Gunakan warna yang tone nya sama dan berikan point pada sneakers milikmu. Warna putih untuk sneakers simply footwear yang bisa dipakai untuk segala warna outfitmu. Let’s hype with hypebeast!
Tapi tidak semua orang yg menggunakan pakaian atau produk produk hype dapat dikategorikan Hypebeast. Gaya hidup anak anak Hypebeast terdapat di pusat kota besar dan terkesan Konsumtif juga menghambur-hamburkan uang orang tua (eh uang sendiri kali ya, hehe).

Seorang Hypebeast biasanya hanya mengetahui brand-brand original yg sering didengar dan memiliki harga jual fantastis luar biasa MAHAL.

Apa Tujuan Menjadi HYPEBEAST ?

Tujuan utama anak Hypebeast adalah bagaimana mereka bisa berpenampilan semenarik mungkin dengan brand-brand ternama untuk di pamerkan kepada lingkungan sekitar. Tidak peduli dimanapun mereka berada, asalkan berpenampilan semenarik mungkin. Biasanya seorang Hypebeast akan mendapat kepuasan tersendiri jika sudah menggunakan brand ternama, walaupun belum tentu ukuran nya cocok dibadan.

SYARAT MENJADI HYPEBEAST – WAJIB ORIGINAL

Sangat penting di ingat jika anda ingin menjadi Hypebeast adalah menggunakan brand 100% original dan bukan KW ataupun Premium Supercopy, karena jika terbukti palsu oleh anak Hype yg lain pasti akan dihujat dan di bully. Jika anda tidak memiliki keuangan yang baik, disarankan untuk tidak menjadi Hypebeast karena untuk ukuran produk yang memiliki harga paling murah seperti kaos saja sekitar 500 Ribu.

 

Brand Streetwear yang terkenal dengan Hypebeast diantara nya yaitu : Supreme, A Bathing Ape, Undefeated, Stüssy, Anti Sosial Sosial Club, HUF, Palace, Rebe8, OBEY, Diamond Supply, Mishka, Nike, Adidas, Vans, Converse

Dampak Buruk Hypebeast :

Hypebeast juga punya dampak buruk gan selain bikin kantong jebol ada juga yg laennya kayak kecenderungan memakai brand tertentu jadi kalo seorang Hypebeast gamake brand Hype mereka bakalan kurang PD gan.Lalu orang itu juga bisa jadi penggila belanja berdasarkan selera aja jadi gamau make yg lain selain barang Hype.Dampak buruk lainnya para “bocah” jadi suka pamer brand original padahal bukan dari hasil jerih payah mereka.Ada juga orang yg pake brand Hype karena ikut-ikutan alias latah.
Sebenernya menjadi Hypebeast itu gak ada salahnya tapi tetep utamakan kebutuhan bukan keinginan,kita juga harus pandai mengukur kemampuan baik keuangan maupun manfaatnya.
Jadilah Hypebeast yg bijak jangan pamer sana sini kalo bukan hasil jerih payah sendiri meskipun itu hasil beli pake uang sendiri juga

 

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/5927853d50741055798b4574/hypebeast/

http://monclersalebuy.com/apa-itu-hypebeast-sejarah-dan-jenis-trend-hypebeast-di-indonesia/

Advertisements

TENTANG GANIA ALIANDA THE SUPERGIRL

0

  gania hell print

          Ini adalah idola saya dia adalah Mahasiswi Universitas Widyatama jurusan Design Grafis . namanya adalah GANIA .
nama aslinya adalah GANIA ALIANDA Lahir Pada Tanggal 01 Juni 1991

Tak banyak perempuan yang memilih jalan untuk menjadi vokalis band punk, Gania Alianda salah satu pengecualian. Mahasiswi Universitas Widyatama jurusan Design Grafis ini memilih bergabung bersama Billfold, band beraliran punk/hardcore.

BERIKUT WAWANCARA Uncluster :

Sejak kapan seneng nyanyi?
Waah ceritanya panjang, pertama banget waktu SMP udah mulai coba-coba bikin band, SMA juga masih lanjut, akhirnya waktu kelas 2 SMA diajakin featuring bareng Rosemary buat nanyiin lagu Supergirl. Dari sana aku baru mulai serius, karena respon dari lagu Supergirl cukup bagus, banyak yang nawarin buat bikin band, akhirnya aku  ngerasa cocok sama Billfold dan gabung bareng mereka.
Kenapa milih jadi vokalis band punk?
Nggak tau juga sih, dulu sempet ditawarin jadi penyanyi solo, sempet juga mau ikut major label juga , tapi kayaknya nggak deh, jujur aku bukan tipe vokalis kayak Bunga Citra Lestari gitu, hahaha. Sebelum jadi vokalis juga aku pernah jadi bassist di band hardcore bareng kakak aku, dan ga tau juga banyak yang nawarin gabungnya sama band-band kayak gitu (underground). Padahal aku gak pernah les dan ngerencanain buat jadi seperti sekarang ini.
Nama Gania mulai dikenal waktu bawain lagu “Supergirl” feat. Rosemary, gimana prosesnya sampai bisa kolaborasi?
Rosemary itu kan temen kakak aku, kebetulan dulu aku sering maen bareng. Kita sering main skateboard sama nongkrong bareng, kalo nggak salah dulu di 18th Park Jl.Riau, dari sana aku dikenalin sama mereka (Rosemary). Nah, ga tau gimana aku diajakin buat nyanyiin lagu Supergirl, padahal mereka belum denger aku nyanyi loh hahahah. Ya udah aku coba aja.
Ceritain dong waktu awal gabung sama Billfold?
Sebenernya aku personil terakhir yang gabung bareng Billfold. Waktu itu Drummer Billfold (Pam), baru keluar dari bandnya yang dulu Sweet Punch For Kids, dan dia pengen bikin band lagi, bandnya udah terbentuk dan tinggal nyari vokalis, akhirnya aku ditelepon sama dia. Aku ngerasa cocok ama materinya jadi aku memutuskan untuk gabung.
Rencana ke depan bareng Billfold?
Alhamdulillah udah banyak yang nawarin manggung, dan rencananya kita mau bkin E.P. Insya Allah keluar Bulan Juli 2011,  dan sambil ngumpulin materi buat full album nanti.
Inspirasi lagu-lagu Billfold dari mana sih?
Kita sih lebih ke lingkungan, atau tentang kepemimpinan.
Lagu Billfold yang berjudul Save Them To Save Us nyeritain apa?
Itu nyeritain gimana kita menjaga lingkungan. Sekarang ini kan efek global warming semakin kerasa, makanya kita save them, we must save the environment to save our live. Kira-kira seperti itu.
Kalo dikasih kesempatan berkolaborasi pengen sama siapa?
Kalo dalam negeri aku pengen banget sama Seringai, lagi tergila-gila sama Seringai soalnya. Kalo untuk luar negeri  aku pengen sama H2O.
Pengalaman manggung paling berkesan?
Paling berkesan waktu tur tujuh kota. Dalam 10 hari kita ke Jogja, Semarang, Bali sama kota-kota lain. Aku pikir Billfold tuh cuma dikenal di Bandung aja, tapi waktu aku manggung di kota lain banyak juga yang hafal sama lagu Billfold.
Pengalaman lucu waktu manggung?
Waktu itu pas ada acara di Lembang aku pernah hampir jatuh dari panggung, mungkin waktu itu aku pusing karena belum makan. Sama yang terakhir waktu di Reneo Cafe, aku dikasih bunga gitu sama penonton hahaha 😀
Punya role model untuk urusan style/fashion?
Banyak sih. Aku suka Hayley Williams (Paramore), Broddy Dale (The Distillers), Candace Kucsulain (Walls of Jericho).
Menurut Gania siapa penyanyi perempuan di Indonesia yang berkualitas?
Banyak, tapi kalo disuruh nyebutin orang aku bingung. Soalnya sampai saat ini belum ada penyanyi di Indonesia yang bisa aku jadiin role model atau belum ada yang bisa buat aku bilang “ni cewe keren banget deh” hahaha. Tapi mungkin suatu saat nanti ada.
Apa pesan kamu untuk orang-orang?
TETAP JADI DIRI SENDIRI, DAN JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MENCOBA.
gania
578599_289136724550821_903341902_n
700

Trimakasih 🙂 semoga gania bisa menjadi idola untuk semua idola, Dan semoga menjadi inspirasi kita.

Biodata BillFold | Band Indie Asal Bandung

0

Billfold-Siap-Bermanuver-dengan-Album-Baru_haibaru650x431

Biodata BillFold – BILLFOLD adalah pop punk hardcore band berasal dari Bandung yang terbentuk di awal tahun 2010. Band ini merupakan sebuah project baru dari Gania Alianda bersama Pam, Anga dan Ferin. Mereka mencoba untuk membuat suasana baru di belantika musik Indonesia, dengan front line wanita di dalamnya. Mencoba memainkan musik hardcore dengan beat punk yang ciamik dan easy listening, mereka menggemari musik-musik poppunk hc amerika seperti daggermouth , set your goal, four years strong dan band band gelombang baru easycore amerika namun tetap mempertahankan set beat punks / hc lama seperti, h20,shelter hingga warzone.

General Info :
Genre: Hardcore / Punk / Rock
Location BANDUNG CITY, Please select your region, In
Profile Views: 11192
Last Login: 2/3/2011
Member Since 8/3/2010
Website: thisisbillfold.com

Members of Billfold :
GANIA ALIANDA- VOX
PAM ALAYUBI – DRUMS
FERIN – BASS
ANGGA – GUITAR

Gania alianda sebelumnya sudah memiliki band hardcore yang dijalankan bersama kakaknya hingga menyanyi dalam single “supergirl “ bersama rosemary namun di dalam band ini suara merdunya kurang terdengar karna suara lantang dengan lirik lirik protes ala punk anak muda akan terdengar di setiap baitnya. Dan seorang drummer yang flamboyant sempat membentuk band happy hardcore bersama gangs lamanya, dan masih aktif dengan band oi! dan ska nya,dia memberikan beat beat punk yang ciamik di band ini.

Posisi guitar di isi oleh seorang guitaris band hardcore asia minor, dia adalah angga seorang pekerja keras yang membuat komposisi guitar kasar dalam band ini. Dan seorang wanita bernama Ferrin ini memainkan bass di band hardcore asal barat bandung yg bernama strike first dan mencoba peruntungan bermusik di tahun 2010 karena bisnis yang dia jalani gagal ditengah jalan.
Single pertama billfold di keluarkan pada bulan desember 2010 kemarin berjudul “destroyed without hesitation “ bercerita tentang seseorang yang ingin sekali membuktiakan bahwa sebenarnya dia mampu menghancurkan musuhnya tanpa rasa takut .Dan lagu ini pun mendapat respon baik, terbukti dari komentar yang di berikan oleh teman teman di jejaring social facebook dan twitter. Dan masuk ke dalam chart beberapa acara indie di radio-radio lokal di bandung . dan mereka pun berencana untuk merilis single pertamanya di bulan ketiga tahun 2011 ini berisikan 4 lagu yg bercerita tentang keadaan alam, pertemanan, keadaan social di sekeliling mereka dan sedikit nuansa protes tentang keadaan politik pemerintahan di negri ini. Mini album mereka akan di rilis oleh record label mereka sendiri yang bernamayoung blood music. young blood music303108_289127901218370_36717811_n.544883_199251173532142_2013122912_n992900_20130624075635

Biography Cristiano Ronaldo (CR7)

0

CR7Calm

Pemain yang satu ini memiliki nama asli Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro. Lebih dikenal dengan nama Cristiano Ronaldo atau CR7. Ia lahir di Funchal, Madeira, portugal pada 5 Februari 1985. Memulai debut sepakbola di tim senior bersama klub Sporting Lisbon, Portugal, pada 2001 hingga 2003. Ia hijrah ke Manchester United pada musim panas 2003 dan bermain di klub itu hingga 2009. Pada Juni 2009 ia pindah ke Real Madrid dan bermain di sana hingga sekarang.

Cristian Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya, kanan dan kiri. Ini mengakibatkan dia dan teman sesama pemain sepak bola di Manchester United Ryan Giggs dapat saling bertukar posisi.

Cowok Ganteng ini memiliki kemampuan teknik yang hebat. Selain gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya. Disamping kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa itu, dia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati, karena kehebatannya itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling berbahaya bagi lawan-lawannya. Wah… pastas saja dia dijuluki pemain termahal di dunia sepak bola.

Profil dan Biodata:
Nama lengkap: Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro.
Tanggal Lahir: 5 Februari 1985
Tempat Lahir: Funchal, Madeira, Portugal
Kebangsaan: Portugal
Tinggi Badan: 1,86 meter
Nama Ibu: Maria Dolores dos Santos Aveiro

Nama Ayah: Jose Dinis Aveiro

Posisi di lapangan: Pemain sayap, striker.

Karir Klub:
Junior:
1993-95: Andorinha
1995-97: Nacional
1997-2001: Sporting Lisbon
Senior:
2001-03: Sporting Lisbon (tampil 25 kali, 3 gol)
2003-09: Manchester United (tampil 196 kali, 84 gol)

Karir Tim Nasional :
2001-2002 : Portugal U17 bermain di 9 pertandingan, mencetak 6 gol.
2003 : Portugal U20 bermain di 5 pertandingan, mencetak 1 gol
2002-2003  : Portugal U21 bermain di 6 pertandingan, mencetak 3 gol.
2004 : Portugal U23 bermain di 3 pertandingan, mencetak 1 gol.

Penghargaan:
Klub Manchester United :
Liga Primer Inggris: 3  (2006-07, 2007-08, 2008-09)
Piala FA : 1 (2003-04)
Piala Liga : 2 (2005-06, 2008-09)
Community Shield : 1 (2007)
Liga Champions UEFA : 1 (2007-08)
Piala Dunia Antar Klub FIFA : 1 (2008)

Klub Real Madrid :
Copa del Rey : 1 (2010-11)
La Liga Spanyol: 1 (2011-12)

Penghargaan Individu:
Tim Pilihan Euro UEFA : 1 (2004)1
Pemain Muda Spesialis Terbaik : 2 (2004,2005)
Pemain Sepak Bola Portugal Terbaik : 1 (2006-2007)
Tim Terbaik UEFA : 5 (2003-2004, 2006-2007, 2007-2008, 2008-2009, 2009-2010)
FIFA Pro World XI : 4 (2006-2007, 2007-2008, 2008-2009, 2009-2010)
Pemain Muda Terbaik PFA : 1 (2006-2007)
Pemain Terbaik PFA Pilihan Pemain PFA : 2 (2006-2007, 2007-2008)
Pemain Terbaik PFA Pilihan Penggemar : 2 (2006-2007, 2007-2008)
Tim Liga Utama Inggris Terbaik PFA : 4 (2005-2006, 2006-2007, 2007-2008, 2008-2009)
Sepatu Emas Liga Utama Inggris : 1 (2007-2008)
Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions UEFA : 1 (2007-2008)
Sepatu Emas Eropa : 2 (2007-2008, 2010-2011)
Penyerang Terbaik Liga Champions: 1 (2007-2008)
Pemain Klub Terbaik UEFA : 1 (2007-2008)
Pemain Terbaik Dunai FIFPro : 1 (2007-2008)
Bola Perak Piala Dunia Antarklub FIFA :1 (2008)
Ballon d`Or : 1 (2008)
Pemain Terbiak Dunia World Soccer : 1 (2008)
Penghargaan Puskas FIFA : 1  (2009)
Pencetak Gol Terbanyak Copa del Rey: 1 (2010-2011)
Pencetak Gol Terbanyak La Liga : 1 (2010-2011)

Cristiano Ronaldo
Love and HateAnak

Artikel Tokoh Islam : Mengenal Imam Al-Bukhary

0

SUMBER: Majalah as-Sunnah, no.02/Th.I, Jumada Tsani-Rajab 1413 H/Desember 1992 M, diterjemahkan dan disusun oleh Ahmas Faiz dengan sedikit perubahan

Muhammad Ibnu Abi Hatim berkata, “Saya terilham/menghafal hadits ketika masih dalam asuhan belajar.” Lalu saya bertanya, “Umur berapakah anda pada waktu itu?” Beliau menjawab, “Sepuluh tahun atau kurang.” (Riwayat al-Farbari dari Muhammad Ibnu Abi Hatim, seorang juru tulis al-Imam al-Bukhari). Suatu ketika al-Imam al-Bukhari tiba di Baghdad. Kehadiran beliau didengar oleh para ahlul hadits negeri itu. Maka, berkumpullah mereka untuk menguji kehebatan hafalan beliau tentang hadits.

Syahdan para ulama tersebut sengaja mengumpulkan seratus buah hadits. Susunan, urutan dan letak matan serta sanad seratus hadits tersebut sengaja dibolak-balik. Matan dari sebuah sanad diletakkan untuk sanad lain, sementara suatu sanad dari sebuah matan diletakkan untuk matan lain dan begitulah seterusnya. Seratus buah hadits itu dibagikan kepada sepuluh orang tim penguji, hingga masing-masing mendapat bagian sepuluh buah hadits. Maka tibalah ketetapan hari yang telah disepakati. Berbondong-bondonglah para ulama dan tim penguji itu, serta para ulama dari Khurasan dan negeri-negeri lain serta penduduk Baghdad menuju tempat yang telah ditentukan. Ketika suasana majlis telah menjadi tenang, salah seorang dari kesepuluh tim penguji mulai memberikan ujiannya. Beliau membacakan sebuah hadits yang telah dibolak-balik matan dan sanadnya kepada al-Imam al-Bukhari. Ketika ditanyakan kepada beliau, al Imam al-Bukhari menjawab, “Saya tidak kenal hadits itu.”

Demikian seterusnya satu persatu dari kesepuluh hadits penguji pertama itu dibacakan, dan al-Imam al-Bukhari selalu menjawab, “Saya tidak kenal hadits itu.” Beberapa ulama yang hadir saling berpandangan seraya bergumam, “Orang ini berarti faham.” Akan tetapi ada di kalangan mereka yang tidak mengerti, hingga menyimpulkan bahwa al-Imam al-Bukhari terbatas pengetahuannya dan lemah hafalannya.Orang kedua maju. Beliau juga melontarkan sebuah hadits yang telah dibolak-balik sanad dan matannya, yang kemudian dijawab pula, “Saya tidak kenal hadits itu”. Begitulah, orang kedua ini pun membacakan sepuluh hadits yang menjadi bagiannya, dan seluruhnya dijawab beliau, “Saya tidak kenal hadist itu.” Begitulah selanjutnya orang ketiga, keempat, kelima hingga sampai orang kesepuluh, semuanya membawakan masing-masing sepuluh hadits yang telah dibolak-balik matan dan sanadnya. Dan al-Imam al-Bukhari memberikan jawaban tidak lebih daripada kata-kata, “Saya tidak kenal hadits itu.” Setelah semuanya selesai menguji, beliau kemudian menghadap orang pertama seraya berkata, “Hadits yang pertama anda katakan begini, padahal yang benar adalah begini, lalu hadits anda yang kedua anda katakan begini padahal yang benar seperti ini. Begitulah seterusnya hingga hadits kesepuluh disebutkan oleh beliau kesalahan letak sanad serta matannya, dan kemudian dibetulkannya kesalahan itu hingga semua sanad dan matannya menjadi benar kedudukannya.

Demikian pula seterusnya yang dilakukan oleh al-Bukhari kepada para penguji berikutnya hingga sampai kepada penguji kesepuluh. Maka, orang-orang pun lantas mengakui serta menyatakan kehebatan hafalan serta kelebihan beliau. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani mengatakan, “Yang hebat bukanlah kemampuan al-Bukhari dalam mengembalikan kedudukan hadits-hadits yang salah, sebab beliau memang hafal, tetapi yang hebat justru hafalnya beliau terhadap kesalahan yang dilakukan oleh para penguji tersebut secara berurutan satu persatu hanya dengan sekali mendengar.”

Siapakah al-Imam al-Bukhari Beliau adalah Abu Abdillah, bernama Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ja’fi. Kakek moyang Bardizbah (begitulah cara pengucapannya menurut Ibnu Hajar al-‘Asqalani) adalah orang asli Persia. Bardizbah, menurut penduduk Bukhara berarti petani. Sedangkan kakek buyutnya, al-Mughirah bin Bardizbah, masuk Islaam di tangan al-Yaman al-Ja’fi ketika beliau datang di Bukhara. Selanjutnya nama al-Mughirah dinisbatkan (disandarkan) kepada al-Ja’fi sebagai tanda wala’ kepadanya, yakni dalam rangka mempraktekkan pendapat yang mengatakan, bahwa seseorang yang masuk Islam, maka wala’nya kepada orang yang mengislamkannya. Adapun mengenai kakeknya, Ibrahim bin al-Mughirah, Ibnu Hajar al-‘Asqalani mengatakan, “Kami tidak mengetahui (menemukan) sedikit pun tentang kabar beritanya.” Sedangkan tentang ayahnya, Ismail bin Ibrahim, Ibnu Hibban telah menuliskan tarjamah (biografi)-nya dalam kitabnya ats-Tsiqat (orang-orang yang tsiqah/terpercaya) dan beliau mengatakan, “Ismail bin Ibrahim, ayahnya al-Bukhari, mengambil riwayat (hadits) dari Hammad bin Zaid dan Malik. Dan riwayat Ismail diambil oleh ulama-ulama Irak.” Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani juga telah menyebutkan riwayat hidup ismail ini di dalam Tahdzibut Tahdzib. Ismail bin Ibrahim wafat ketika Muhammad (al-Bukhari) masih kecil. Kelahiran Dan Wafatnya Dilahirkan di Bukhara, sesudah shalat Jum’at pada tanggal 13 Syawal 194 H.

Beliau dibesarkan dalam suasana rumah tangga yang ilmiah, tenang, suci dan bersih dari barang-barang haram. Ayahnya, Ismail bin Ibrahim, ketika wafat seperti yang diceritakan oleh Muhammad bin Abi Hatim, juru tulis al-Bukhari, bahwa aku pernah mendengar Muhammad bin Kharasy mengatakan, “Aku mendengar bahwa Ahid Hafs berkata, “Aku masuk menjenguk Ismail, bapaknya Abu Abdillah (al-Bukhari) ketika beliau menjelang wafat, beliau berkata, “Aku tidak mengenal dari hartaku barang satu dirham pun yang haram dan tidak pula satu dirham pun yang sybhat.” Al-Bukhari wafat di Khartank sebuah desa di negeri Samarkhand, malam Sabtu sesudah shalat Isya’, bertepatan dengan malam Iedul fitri, tahun 256 H dan dikuburkan pada hari Iedul Fitri sesudah shalat Zhuhur. Beliau wafat dalam usia 62 tahun kurang 13 hari dengan meninggalkan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh kaum muslimin, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Katsir dalam al-Bidayah wan Nihayah. Pertumbuhan Dan Perkembangannya Ketika ayahnya wafat, beliau masih kecil, sehingga beliau besar dan dibesarkan dalam asuhan ibunya. Beliau mencari ilmu ketika masih kecil dan pernah menceritakan tentang dirinya seperti disebutkan oleh al-Farbari dari Muhammad bin Abi Hatim. Muhammad bin Abi Hatim berkata, “Aku pernah mendengar al-Bukhari mengatakan, “Aku diilhami untuk menghafal hadits ketika masih dalam asuhan mencari ilmu.” Lalu aku bertanya, “Berapa umur anda pada waktu itu?” Beliau menjawab, “Sepuluh tahun atau kurang… dan seterusnya hingga perkataan beliau, “Ketika aku menginjak umur enam belas tahun, aku telah hafal kitab-kitab karya Ibnul Mubarak dan Wakil. Dan aku pun tahu pernyataan mereka tentang Ash-hab (Ahlu) ra’yu”. Beliau berkata lagi, “Kemudian aku berangkat haji bersama ibuku dan saudaraku, setelah menginjak usia delapan belas tahun, aku telah menyusun kitab tentang sahabat dan tabi’in. Kemudian menyusun kitab tarikh di Madinah di samping kuburan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika malam terang bulan.” Beliau melanjutkan perkataannya, “Dan setiap kali ada nama dalam at-Tarikh tersebut, pasti aku mempunyai kisah tersendiri tentangnya, tetapi aku tidak menyukai jika kitabku terlalu panjang.” Semenjak kecil beliau sibuk menggali ilmu dan mendengarkan hadits dari berbagai negeri, seperti di negerinya sendiri.

Dan beliau telah beberapa kali mengunjungi Baghdad, hingga penduduk di sana mengakui kelebihannya dan penguasaannya terhadap ilmu riwayah dan dirayah. Begitulah, singkatnya beliau telah mengunjungi berbagai kota di Irak dalam rangka mencari ilmu hadits dari tokoh-tokoh negeri tersebut, misalnya Bashrah, Balkh, Kufah dan lain-lain. Beliau telah mendengarkan dan menggali hadits dari sejumlah banyak tokoh pembawa hadits. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Abi Hatim, bahwasanya beliau berkata, “Aku tidak pernah menulis melainkan dari orang-orang yang mengatakan bahwa al-Iman adalah ucapan dan tindakan.” Jumlah Hadits Yang Dihafal Muhammad bin Hamdawaih mengatakan, “Aku mendengar al-Bukhari berkata, bahwa aku hafal seratus ribu hadits shahih dan dua ratus ribu hadits tidak shahih.” Kitab-Kitab Yang Disusun Yang paling pokok adalah kitab al-Jamiush shahih (Shahihul Bukhari) yaitu kitab hadits tershahih diantara kitab hadits lainnya. Selain itu beliau menyusun juga ktiab al-Adabul Mufrad, Raf’ul Yadain fish Shalah, al-Qira’ah khalfal Iman, Birrul Walidain, at-Tarikh ash-Shagir, Khalqu Af’aalil ‘Ibaad, adl-Dlu’afa (hadits-hadits lemah), al-Jaami’ al-Kabir, al-Musnad al-Kabir, at-Tafsir al-Kabir, Kitabul Asyribah, Kitabul Hibab, Asaami ash-Shahabah (Nama-nama para shahabat) dan lain sebagainya.

Contoh Kekaguman Orang Terhadap Al-Bukhari Al-Imam al-Bukhari rahimahullah, merupakan barometer bagi guru-gurunya dan manusia yang tahu dan hidup pada zamannya maupun sesudahnya. al-Imam al-Hafizh adz-Dzahabi dan al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani telah menyebutkan secara khusus tentang pujian dan jasa-jasa beliau dalam kitabnya masing-masing. Adz-Dzahabi dalam Tadzkiratul huffaazh dan Ibnu Hajar dalam Tahdzibut Tahdzib. Berikut ini beberapa contoh pujian dan kekaguman mereka.

Muhammad bin Abi Hatim mengatakan, bahwa aku mendengar Yahya bin Ja’far al-Baikundi berkata, “Seandainya aku mampu menambahkan umur Muhammad bin Ismail (al-Bukhari) dengan umurku, niscaya aku lakukan sebab kematianku hanyalah kematian seorang sedangkan kematiannya berarti lenyapnya ilmu.” Raja’ bin Raja’ mengatakan, “Dia, yakni al-Bukhari, merupakan satu ayat di antara ayat-ayat Allah yang berjalan di atas permukaan bumi.” Abu Abdullah al-Hakim dalam Tarikh Naisabur berkata,

 “Dia adalah Imam Ahlul hadits, tidak ada seorang pun di antara Ahlul Naql yang mengingkarinya.”  Shahihul Jami’ Atau Shahih Bukhari Seluruh hadits yang termuat di dalamnya adalah hadits-hadits shahih yang telah tetap dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan semua Mu’allaqaat dalam Shahih al-Bukhari dinyatakan shahih oleh para ulama Ahlul hadits. Adapun contoh pernyataan ulama tentang Shahih al-Bukhari seperti dikatakan al-Hafizh Ibnu Katsir dalam al-Bidaayah wan Nihaayah, “Para ulama telah bersepakat menerimanya (yakni Shahihul Bukhari) dan menerima keshahihan apa-apa yang ada di dalamnya, demikian pula seluruh ahlul Islam.” Jadi di samping Shahih Muslim, Shahih al-Bukhari adalah kitab tershahih nomor dua setelah al-Qur’an sebagaimana disebutkan dan disepakati oleh para ulama, di antaranya oleh as-Subakti. Terusirnya Imam Al-Bukhari Dari Bukhara Ghonjar mengatakan dalam kitab Tarikhnya, “Aku mendengar Ahmad bin Muhammad bin Umar berkata, “Aku mendengar Bakar bin Munir mengatakan, “Amir Khalid bin Ahmad Adz-Dzuhail, amir penguasa Bukhara, mengirim utusan kepada Muhammad bin Ismail, yang isinya, “Bawalah padaku kitab Jaami’ush Shahih dan at-Tarikh supaya aku bisa mendengar dari kamu.” Maka, berkatalah al-Bukhari kepada utusan tersebut, “Katakanlah kepadanya bahwa sesungguhnya aku tidak akan merendahkan ilmu dan aku tidak akan membawa ilmuku itu ke hadapan pintu para sultan.

Apabila dia butuh (jika ilmu itu dikehendaki), maka hendaknya dia datang kepadaku di masjidku atau di rumahku. Kalau hal ini tidak menyenangkan wahai sultan, maka laranglah aku untuk mengadakan majlis ilmu, supaya pada hari kiamat aku punya alasan di hadapan Allah bahwa aku tidak menyembunyikan ilmu.” Ghonjar mengatakan, “Inilah yang menyebabkan terjadinya krisis di antara keduanya.”  Al-Hakim berkata, “Aku mendengar Muhammad bin al-‘Abbas adh-Dhobby mengatakan, “Aku mendengar Abu Bakar bin Abu Amr berkata, “Perginya Abu Abdillah al-Bukhari dari negeri Bukhara disebabkan Khalid bin Ahmad Khalifah bin Thahir meminta beliau untuk hadir di rumahnya supaya membacakan kitab at-Tarikh dan al-Jaami’ush Shahih kepada anak-anaknya, tapi beliau menolak. Beliau katakan, “Aku tidak mempunyai waktu jika hanya orang-orang khusus yang mendengarkannya (mendengarkan ilmuku, pen). Maka Khalid bin Ahmad meminta tolong kepada Harits bin Abi al-Warqa` dan lainnya dari penduduk Bukhara untuk bicara mempermasalahkan madzhabnya. Akhirnya Khalid bin Ahmad mengusir beliau dari Bukhara.

Demikianlah sekelumit tentang Imam Bukhari, beliau juga pernah difitnah sebagai orang yang mengatakan, bahwa bacaanku terhadap al-Qur’an adalah makhluk. Padahal beliau tidak mengatakan demikian dan bahkan secara tegas beliau membantah bahwa orang yang membawa berita tersebut adalah pendusta. Beliau bahkan mengatakan, “Bahwa al-Qur’an adalah kalamullah bukan makhluk, sedangkan perbuatan-perbuatan hamba adalah makhluk.” (lihat Hadyu as-Sari Muqadimah Fathul Bari bagian akhir halaman 490-491). Wallahu a’lam.